Jangan Tidur 8 Jam Sehari

Jangan Tidur 8 Jam Sehari - Wah, postingan kali ini sama anehnya dengan postingan kemarin yang membahas tentang larangan berkumur setelah gosok gigi. Mungkin aneh di mata kalian tapi larangan untuk tidur 8 jam sehari benar adanya.

Larangan untuk tidur 8 jam sehari dilontarkan oleh seorang professor dari Loughborough University's Sleep Reserch Center, Jim Horne. Dilansir dari beberapa media online, Profesor Jim Horne menyampaikan hasil research-nya tentang keburukan tidur 8 jam sehari.

Kenapa tidur 8 jam sehari tidak baik?
"Salah jika ada persepsi yang mengatakan terbangun di malam hari mengganggu kualitas tidur. Sebenarnya tidur selama 8 jam penuh dapat membuat anda merasa lebih lelah. Padahal dengan tidur siang 15 menit saja, sama efektifnya dengan tidur 1 jam di malam hari" jelasnya

Tidak percaya?
Berdasarkan pengalaman saya, memang pendapat tersebut ada benarnya juga. Seringkali jika kita tidur terlalu lama, badan terasa pegal semua. Padahal, kita tidur kan untuk istirahat, tetapi kok justru lebih capek. Pasti anda juga pernah mengalami hal ini, tidur kelamaan dan pas bangun, badan terasa pegal semua.

Bagaimana mengatur waktu tidur yang baik?
"Triknya adalah tidur dua jam lebih awal di sore hari, bangun lalu makan malam dan berinteraksi dengan teman dan keluarga, dilanjutkan dengan tidur malam tiga sampai empat jam, bangun lagi untuk melakukan ibadah, lalu lanjutkan kembali tidur beberapa saat hingga subuh. Maka Anda dapatkan adalah 7 jam tidur dalam sehari." tutur beliau.

Tidur mempengaruhi kematian? Yup, ternyata sebuah penelitian tentang tidur yang di jalankan kurang lebih selama 6 tahun dengan melibatkan 1,1 juta subjek penelitian berumur antara 30-102 tahun menunjukkan kepada kita bahwa tingkat tidur paling ideal bagi orang dewasa adalah 6-7 jam sehari, dimana 7 jam sehari adalah yang terbaik.

  • Seseorang yang tidur antara 6-7 jam sehari memiliki rata-rata tingkat kematian paling rendah. Adapun angka rata-rata harapan hidup terbaik ada pada mereka yang tidur selama 7 jam sehari.
  • Seseorang yang tidur 8 jam atau lebih dan atau kurang dari 4 jam pada malam hari menunjukkan peningkatan signifikan rata-rata tingkat kematian dibandingkan dengan mereka yang tidur 6-7 jam sehari.
  • Mereka yang tidur 8 jam sehari, 12 % lebih tinggi resiko kematiannya dalam 6 tahun dibandingkan dengan mereka yang tidur 7 jam sehari.
  • Mereka yang tidur kurang dari 5 jam sehari hidup lebih lama daripada mereka yang tidur 8 jam atau lebih dalam sehari.

Sekian dulu informasinya, semoga postingan kali ini bisa menambah wawasan para pembaca. Kesimpulannya, tidur yang paling ideal adalah 7 jam dalam sehari. Jangan sampai berlebih apalagi kekurangan waktu tidur. ok? [fz]

2 komentar

  1. dv  

    19 Mei 2011 15.41

    waduu kelewatan 1 jam aja berpengaruh ya..ga bole ngelewatin alarm berarti nih bangun nya :D

  2. Khairul faiz  

    20 Mei 2011 00.21

    wah dapet kunjungan dari blog favorit ku. senang riang gembirang....

Poskan Komentar