Gara-gara Luna Maya, Laptop gw nyaris DISITA.


Sore ini, keluarga gw (liat gambarnya) dikejutkan dengan berita Luna Maya yang konon katanya dituntut atas status twitternya yang menyebutkan kalo infotaintment itu sama aja Pelacur atau Pembunuh. Spontan Adek gw berkomentar, “Lebay, Komentar gitu doang kok sampe mau dipenjara, gw aja sering nulis status di FB yang lebih kasar, fine-fine aja”. Gw juga setuju dengan adek gw.

Tapi tiba-tiba kakak gw menyanggah pendapat adek gw, doi ngaduin pendapat gw dan pendapat adek gw ke nyokap. Selama ini gw pikir nyokap gw kagak tau apa-apa soal facebook ato twitter. Tapi ternyata gw salah. Nyokap gw yang berprofesi sebagai guru ternyata juga tau tentang Facebook serta efek-efek buruk yang bisa ditimbulkan dari Facebook. Gw pikir nyokap gw cuman tau beli sayur sama goreng tempe doang. Piss MOM, you’re the best.

Nyokap gw langsung marah-marah, doi bilang di sekolahnya (tempat doi mengajar) ada orang tua siswa yang datang ke sekolah marah-marah dan menuntut, gara-gara anaknya dihina oleh teman-temanya di facebook, katanya si orang tua siswa akan menempuh jalur hukum kalo pihak sekolah tidak bisa menyelesaikan kasus ini. Gubrak, orang tua jaman sekarang, sedikit-sedikit polisi, serasa dewi persik aja.

Nyokap gw juga nge-forward marah-marah si orang tua siswa tadi ke gw dan adek gw. Doi bahkan ngancam bakal nyita hape sama laptop punya gw. Waaagh, kayaknya nyokap gw terkontaminasi dengan efek buruk telenovela. hahaha. Terpaksa deh gw berjanji sama nyokap buat gak nulis yang macem-macem di FB. Soalnya suara nyokap gw nadanya semakin meningkat. Kira-kira sudah ada di 8 oktav, Maria Carey Lewat.

Tapi ngeliat kasus ini, gw cuman bisa bertanya balik tentang undang-undang di Indonesia. Seingat gw, waktu jaman SMP gw pernah belajar tentang PASAL 28 yang melindungi hak kita sebagai WNI untuk berserikat dan berpendapat. Jadi menurut gw dengan berpendapat di facebook tentang seseorang ato badan, sah-sah aja. Asal tidak memfitnah seseorang dengan memberikan fakta dan keteranagn yang tidak benar. Justru menurut gw, Infotainment yang memberikan gossip-gosip yang tidak benar yang mustinya dipenjara. Bener nggak?
Masalahnya sekarang, orang-orang selalu memperkarakan undang-undang pencemaran nama baik. Nah, ntu dia gak ada batasan yang jelas. Sampe mana hak kita berpendapat, dan sampe mana batasan pencemaran nama baik. Butuh sosiallisasi dong. Dang ding dong.

0 komentar:

Post a Comment

Followers

Siapa mantan?
Saya
Dia
Mereka
Other
Please Specify:
Poll Maker

Friend & Links

Tukaran Link Yuk !

COUNTER

hidden hit counter

Blog Suporter

Please, Kasih Komentar!!!


ShoutMix chat widget

Info Lainnya

Member of

FeedJIT

There was an error in this gadget

Alexa Rank